Penyegaran dan Penyamaan Persepsi Penulisan Skripsi

Berita

berita baru

Yogyakarta, 28 Februari 2024 - Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar acara penyegaran dan diskusi khusus untuk para dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI). Acara yang berlangsung pada tanggal 28 Februari 2024 ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dan memberikan penyegaran mengenai pembimbingan dan penulisan skripsi mahasiswa dengan menggunakan tiga pendekatan research design, yaitu kuantitatif, kualitatif, dan research and development (R and D).

Acara ini dihadiri oleh para dosen PBI UNY dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang strategi pembimbingan skripsi yang efektif dengan berbagai pendekatan penelitian. Ketiga pembicara yang diundang dalam acara ini adalah tiga dosen Prodi PBI yang merupakan ahli di masing-masing desain penelitian.

Bapak Drs. Suharso, M.Pd, memberikan pemahaman mendalam tentang strategi penelitian kuantitatif yang dapat diterapkan dalam pembimbingan skripsi. Dalam presentasinya, Bapak Suharso menyoroti pentingnya pemilihan sampel yang representatif serta penggunaan metode analisis data yang sesuai untuk mendukung temuan penelitian.

Selanjutnya, Bapak Ashadi, Ed.D, memberikan wawasan tentang pentingnya perumusan tujuan penelitian, bagaimana mengembangkan kerangka konseptual yang kuat dan metode pengumpulan data yang relevan dengan pendekatan kualitatif. Bapak Ashadi juga menekankan pentingnya refleksi dan interpretasi data dalam penelitian kualitatif serta penerapannya dalam pembimbingan skripsi. 

Terakhir, Bapak Jaka Priyana, Ph.D, membahas tentang pentingnya penelitian dan pengembangan dalam konteks penulisan skripsi. Dalam presentasinya, Bapak Jaka menggarisbawahi tahapan-tahapan penting dalam proses research and development serta bagaimana menerapkannya dalam pembimbingan dan penulisan skripsi. Selain itu, perlu dipertimbangkan pula scope penelitian R and D ini untuk penulisan skripsi di jenjang S1. 

Selain sesi presentasi dari ketiga pembicara, acara ini juga menyediakan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para dosen dapat berdiskusi langsung dengan para pembicara untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai topik yang dibahas.

Harapannya, acara ini dapat membantu para dosen Program Studi PBI UNY untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan kualitas pembimbingan serta penulisan skripsi mahasiswa dengan berbagai pendekatan research design. Acara serupa juga direncanakan akan diadakan secara berkala untuk terus mendukung pengembangan akademik para dosen dalam membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan studi mereka.