English for Holidays 2024: Membawa Ide Sustainability di Program Liburan Berbahasa Inggris

Berita

berita baru

Karangmalang-Yogyakarta. Gaya hidup ramah lingkungan adalah literasi hidup yang anak-anak bisa pelajari saat memanfaatkan masa liburan sekolah. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris UNY membawa kesempatan terbaik ini di program tahunan unggulan UNY, “English for Holidays” (EFH). Sejak awal 2000-an, EFH menjadi program  mengisi liburan sekolah bagi siapapun, tidak terbatas untuk keluarga kampus. Bahkan, setiap liburan sekolah anak-anak di daerah Yogyakarta dan sekitarnya memiliki jadwal reguler mengikuti EFH. Pada 2024, EFH akan diadakan lagi dengan membawa tema “sustainability”.

Diadakan pada 24 Juni – 5 Juli 2024, EFH 2024 akan mengintegrasikan kegiatan belajar bahasa dengan konsep konservasi alam. Program ini menawarkan anak-anak pengalaman belajar Bahasa Inggris sambil mengenal praktik daur ulang, hemat energi, bijak dalam konsumsi makanan serta kegiatan lain yang relevan. Belajar bahasa menjadi mengasyikan di EFH karena ‘edukasi di kelas menjadi menyenangkan, bermain di luar kelas menjadi edukatif’.

“Di luar kelas, anak-anak akan mengisi liburan dengan merasakan gaya hidup yang ramah lingkungan serta mengenal nilai-nilai budaya tradisional yang mendukung harmoni dengan alam”, ungkap ketua EFH 2024, Febi Puspitasari. Untuk itu, yang menarik di EFH 2024, anak-anak akan berkegiatan eco-fieldtrip di desa wisata. Anak-anak juga diajak berinteraksi dengan teman-teman barunya sembari menyantap menu eco-gastronomi di culinary day.  

Di EFH, Belajar Bahasa Inggris menjadi eco playtime untuk anak-anak. Menurut ketua EFH 2024, belajar bahasa memang sejatinya bukan hanya untuk belajar konsep bahasa semata. “Belajar bahasa seharusnya juga menjadi akses anak untuk belajar berpartisipasi dalam isu dunia, terutama tentang cara menjaga lingkungan sejak dini dan konsep berinteraksi dengan orang-orang yang peduli dengan sustainability,” jelas Febi. Mulai Mei 2024, Program ini akan membuka pendaftaran untuk peserta umur 5-15 tahun dengan kuota terbatas. Kelas akan dibagi untuk kelas kindie hingga junsen, didampingi oleh teachers yang berkiprah di Teaching English for Young Learners (TEYL). Selama 10 hari, peserta belajar bahasa Inggris di UNY hingga ditutup dengan performance day.

Dengan mengikuti EFH, liburan menjadi pengalaman bahasa Inggris yang berkesan bersama teman-teman baru yang kompak peduli lingkungan. Jadi, silakan mengunjungi laman https://teyl.pbi.fbsb.uny.ac.id/english-for-holidays agar tidak ketinggalan informasi terbaru untuk mendaftar. (pbi)