PKM Internasional bersama Aichi University of Education (AUE)

Berita

berita baru

Pada tanggal 18 Maret 2024, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya (FBSB), Universitas Negeri Yogyakarta sukses mendampingi mahasiswa dari Aichi University of Education (AUE), Jepang melaksanakan School Visit ke SMAN 8 Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan bagian dari PKM Internasional yang dilakukan oleh FBSB dengan AUE.

 Pada kegiatan School Visit ini dilaksanakan workshop dan presentasi mengenai alat musik tradisional serta budaya Jepang yang dipimpin oleh mahasiswa AUE berlangsung dengan lancar dan memberikan wawasan yang berharga kepada lebih dari 50 siswa yang turut hadir.

Salah satu momen paling menarik dari acara ini adalah ketika siswa-siswa SMAN 8 Yogyakarta belajar membuat kaligrafi huruf Jepang. Dibimbing oleh mahasiswa AUE, mereka dengan cepat menangkap teknik dan estetika dari seni tulis Jepang. Selain itu, banyak siswa SMAN 8 Yogyakarta yang ternyata sudah lancar berkomunikasi dengan bahasa Jepang. Semangat para siswa dalam belajar menyanyikan lagu-lagu tradisional Jepang yang diajarkan juga berhasil menciptakan suasana yang penuh dengan keceriaan dan antusiasme.
 
Kegiatan ini bukan hanya sekadar pertukaran budaya, tetapi juga menjadi jembatan yang menghubungkan dua negara melalui pemahaman dan apresiasi terhadap keberagaman budaya. Para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan baru, tetapi juga meningkatkan rasa toleransi dan kerjasama antarbangsa.
Terlebih, para peserta acara mengaku bahwa kunjungan ini telah memberi mereka wawasan baru tentang budaya Jepang dan juga memperkaya pengalaman belajar mereka di sekolah. Semangat dan antusiasme para siswa serta mahasiswa AUE dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman budaya mereka menjadi nilai tambah dalam kegiatan ini. 
 
Melalui kegiatan workshop, presentasi, dan interaksi antara mahasiswa, guru, dan siswa, telah terjalin ikatan yang erat dalam memahami dan menghargai keberagaman budaya. Diharapkan kerjasama internasional antara Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FBSB UNY dengan AUE dapat terus berkembang dan menginspirasi lebih banyak lagi pertukaran budaya yang bermanfaat di masa depan.