DISKUSI INTEGRASI ICT DAN STUDY SKILLS PRODI PBI

Berita

berita baru

FBS-Karangmalang. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FBS UNY kembali mengadakan program untuk mendukung Internasionalisasi Prodi dan penerapan kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Program yang dilaksanakan hari Kamis, 18 Desember 2014 lalu itu, berupa diskusi terbuka dengan mengundang narasumber dari Monash University, Dr. Dat Bao.

Diskusi berfokus pada pengembangan RPS (Rencana Perkuliahan Semester) sesuai kurikulum yang berbasis KKNI.Dalam diskusi terbuka ini, Dr. Dat Bao berbagi pengalaman tentang penyusunan RPS yang menjadi tuntutan pelaksanaan kurikulum berbasis KKNI. RPS meliputi perumusan SOP (Standard Operating Procedure) untuk perkuliahan, perumusan study skills (panduan kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa guna mencapai hasil belajar maksimal), pengintegrasian ICT dalam perkuliahan, dan lain-lain. Beberapa dosen juga berbagi pengalaman tentang penyusunan RPS dan berbagai kendala yang dihadapi.

Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa kerja keras dalam penyusunan RPS diperlukan untuk kemudahan pelaksanaan belajar mengajar.Diskusi terbuka ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang menunjang penerapan kurikulum yang berbasis KKNI di Prodi PBI. Berkaitan dengan awal pelaksanaan kurikulum berbasis KKNI pada tahun 2014 ini, para dosen PBI berusaha agar pelaksanaan kurikulum ke depan akan semakin baik. (Devi H)

Tags: