Mahasiswa UNY Berkesempatan Ikuti Program Erasmus+ di Daugavpils University, Latvia

Berita

berita baru

Yogyakarta - Sebuah kesempatan emas kembali diraih oleh, Danial Hamdani, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Yogyakarta (PBI UNY) yang telah terpilih untuk mengikuti program pertukaran pelajar Erasmus International Credit Mobility di Daugavpils University, Latvia. Program ini merupakan bagian dari inisiatif Erasmus+ yang ditujukan untuk memfasilitasi pertukaran pelajar di institusi pendidikan tinggi di Eropa. 
Danial menghabiskan satu semester (Februari – Juni 2024) di Daugavpils University untuk mengikuti berbagai mata kuliah yang relevan dengan bidang studi Pendidikan Bahasa Inggris serta terlibat dalam kegiatan akademik dan budaya di kampus tersebut.
Menurut Kepala Kantor Internasional, Prof. Dr. Moch Bruri Triyono, M.Pd., keberangkatan mahasiswa ke Daugavpils University adalah salah satu realisasi dari komitmen UNY dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas kerjasama internasional. "Selain mahasiswa, Program Erasmus+ antara UNY dan Daugavpils University ini juga akan dilanjutkan dengan magang dosen dan tenaga kependidikan selama sekitar satu minggu ," ujar Bruri.
Program Erasmus  sendiri telah lama dikenal sebagai salah satu program pertukaran pelajar paling bergengsi di Eropa. Mahasiswa yang mengikuti Program Erasmus+ harus belajar minimal tiga bulan atau melakukan magang untuk jangka waktu minimal 2 bulan hingga satu tahun akademik. Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman akademik yang berharga, tetapi juga peluang untuk meningkatkan kemampuan bahasa, adaptasi budaya, dunia kerja serta memperluas perspektif global mereka.