English for Holidays 2018

FBS  - Karangmalang Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, program studi Pendidikan Bahasa Inggris UNY mengadakan sebuah kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris yang sangat menyenangkan bagi anak-anak yang bertajuk English for Holidays EFH 2018. Pada tahun ini, English for Holidays mengangkat tema ‘A Proud Indonesian’ dengan harapan dengan mengikutinya (EFH), para peserta akan meningkat patriotisme dan kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Acara tahunan yang telah dilaksanakan lebih dari 15 tahun ini selalu mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat luas. Hal ini ditunjukkan dengan animo pendaftar yang tidak pernah menurun, termasuk pada tahun 2018 ini yang diikuti oleh 221 peserta dari berbagai usia.
EFH 2018 diawali dengan acara opening ceremony yang dilaksanakan pada hari Senin, 2 Juli 2018 yang dilaksanakan di Lab. Karawitan FBS UNY. Acara ini berjalan dengan meriah terbukti dengan antusiasnya para peserta EFH dengan penampilan dari para guru EFH. Setelah diadakannya opening ceremony, peserta langsung diarahkan ke kelas masing-masing oleh para guru. 
Adapun para guru dari EFH 2018 berasal dari mahasiswa tingkat ke empat prodi pendidikan Bahasa Inggris khususnya yang mengambil konsentrasi English for Children (EFC), walaupun ada pula yang guru-guru yang berasal dari konsentrasi lain. Para guru yang mengajar di EFH sudah terjamin kompeten, karena para guru selalu mengadakan kajian pembelajaran dan evaluasi setiap harinya, dan juga langsung dibimbing oleh para dosen PBI. Selain itu, para guru juga mengusahakan hubungan baik selalu tercipta antara guru, murid, dan juga orang tua.
Cassroom activities EFH dilaksanakandi beberapa gedung kuliah FBS UNY. Dari 221 peserta, peserta dibagi menjadi 17 kelas yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Kelas-kelas yang digunakan untuk pembelajaran adalah kelas-kelas yang sangat nyaman dan kondusif untuk proses pembelajaran. Ketika pembelajaran dilaksanakan indoor (di dalam kelas), para peserta disuguhkan pelajaran Bahasa Inggris dengan menyenangkan dan mudah diserap oleh para peserta sesuai umurnya. 
Disamping kegiatan pembelajaran kelas, EFH juga mengadakan beberapa acara di luar kelas. Salah satunya adalah Campus Grand Tour, dimana para EFH dapat mengunjungi beberapa gedung penting di UNY dan melakukan wawancara kepada beberapa pejabat UNY. Acara dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Juli 2018 di beberapa ruangan dan gedung penting di UNY, seperti perpustakaan FBS UNY, kantor jurusan prodi PBI, kantor dekan, kantor P2B, museum pendidikan UNY, kantor KUIK, dan juga pascasarjana UNY. Untuk kelas-kelas jenjang kelas 3 SD ke atas, para peserta dapat melakukan wawancara kepada beberapa pejabat UNY, seperti Kepala Jurusan PBI, Wakil Dekan FBS, Kepala P2B, dan juga Kepala KUIK. Walaupun cuaca sangat panas, acara berjalan  dengan lancar, dan para peserta dapat mengenal UNY lebih jauh lagi. 
 Selain itu, ada pula kegiatan Barbecue party, yaitu kegiatan pengenalan budaya asing kepada para peserta EFH yang berupa family gathering dan makan bersama. Acara yang dilaksanakan di pelataran Gedung kuliah IV FBS UNY pada hari Jumat, 6 Juli 2018 ini mendapatkan sambutan meriah dari para peserta EFH. Para peserta EFH berkumpul bersama-sama dibawah rimbunan pohon, saling bersenda gurau dan menikmati hidangan satai yang mereka bakar sendiri dan digantuin oleh para guru.
Rangkaian acara EFH 2018 masih berlangsung hingga Jumat, 13 Juli 2018 mendatang. Pada hari Selasa, 10 Juli 2018 peserta melakukan outbound ke Jupiter Adventure Zone (JAZ) dan menikmati berbagai permainan yang sangat menarik. Peserta sangat antusias dengan kegiatan outbound ini. Kendaraan yang digunakan untuk perjalanan dari kampus FBS UNY ke JAZ menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta. Pasalnya, kendaraan yang digunakan adalah bus TNI AU yang sangat besar dan kendaraan truk tentara. Banyak peserta yang takjub dan tentunya senang ketika berangkat ke JAZ yang berlokasi di Blok O, Pangkalan TNI AU Maguwo. 
Pelaksanaan outbound di JAZ pun juga berjalan lancar dan menyenangkan. Peserta disuguhi banyak permainan yang menarik dan dipandu oleh para instruktur berpengalaman. Permainan seperti flying fox menjadi daya tarik terbesar, namun hanya tingkat kelas 3 keatas yang diperbolehkan menjajal wahana permainan tersebut. Selain itu, permainan yang ditawarkan sangat mengasyikkan dan sesuai dengan jenjang kelas dan usia. 
Saat ini, para peserta sedang mempersiapkan penampilan mereka untuk Closing Ceremony EFH 2018 yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 13 Juli 2018. Tema 'A Proud Indonesian' diiterapkan pula di penampilan para peserta, dengan menampilkan berbagai suku di Indonesia yang indah-indah. 
Sejauh ini, EFH yang dipanitiai oleh para dosen dan beberapa mahasiswa berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Harapannya, sampai EFH ditutup pada hari Jumat mendatang akan berjalan sesuai rencana dan tanpa halangan suatu apapun, dan juga semua pihak dapat memetik manfaat dari terselenggaranya EFH 2018.