Workshop Tim PkM PBI UNY dan Bimbel MAHESA Jawa Tengah “Instructional Materials through Genre-based Approach and Project-based Learning”

Sebagai upaya peningkatan kompetensi dalam pengembangan materi ajar Bahasa Inggris yang inovatif, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, lebih spesifiknya adalah tim PkM yang diketuai oleh Dr. Sukarno, M.Hum., dengan anggota Sari Hidayati, S.S., M.A., Ph.D., Shabrina Yumna Azhra, S.Pd., M.Pd., Dewi Nur Widiyati, M.Pd., Ihtiara Fitrianingsih, M.Pd., serta sejumlah mahasiswa yang di antaranya adalah Megan Jinabe, Fitriya DessiWulandari, Herwin Dyastuti, Advita Yudha Tama, dan Kauna Karima telah melaksanakan kegiatan workshop dengan tema “Instructional Materials through Genre-based Approach and Project-based Learning”. Kegiatan ini diselenggarakan dalam dua moda, yaitu secara daring dan luring, dengan melibatkan mahasiswa PBI S1 yang telah menempuh mata kuliah Micro Teaching serta tutor dari MAHESA Bimbel Jawa Tengah.

Sesi pertama dilaksanakan secara online, menghadirkan pemaparan materi oleh Dr. Sukarno, M.Hum., serta Sari Hidayati, S.S., M.A., Ph.D. dalam pengembangan bahan ajar berbasis pendekatan Genre-based Approach (GBA) dan Project-based Learning (PjBL). Sejumlah 72 peserta memperoleh wawasan mendalam mengenai bagaimana kedua pendekatan tersebut dapat diintegrasikan dalam penyusunan materi ajar Bahasa Inggris yang komunikatif, kontekstual, dan berorientasi pada keterampilan abad ke-21.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan dua sesi tatap muka (offline) pada bulan Juli, yang difokuskan pada review dan praktik penyusunan materi ajar Bahasa Inggris. Sesi pertama dilaksanakan di gedung perkuliahan WS Rendra FBSB UNY bersama mahasiswa yang telah melaksanakan Micro Teaching, sementara sesi kedua diadakan bersama para tutor MAHESA Bimbel Jawa Tengah. Pada kedua pertemuan ini, peserta berkesempatan untuk mendiskusikan hasil rancangan materi ajar, mendapatkan umpan balik langsung, serta memperbaiki desain pembelajaran agar lebih efektif dan sesuai kebutuhan peserta didik.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan workshop ini memberikan manfaat yang tinggi bagi seluruh peserta. Baik mahasiswa maupun tutor menyampaikan bahwa materi yang disampaikan sangat relevan dengan kebutuhan pengajaran Bahasa Inggris saat ini serta memberikan dampak positif terhadap peningkatan kemampuan mereka dalam merancang dan mengimplementasikan materi ajar yang kreatif dan berorientasi pada peserta didik.

Melalui kegiatan ini, diharapkan sinergi antara dunia akademik dan praktisi pendidikan dapat terus terjalin, serta menjadi langkah nyata dalam mendukung peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di berbagai konteks pendidikan.