Sosialisasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) PBI FBS UNY

Berita

berita baru

FBS - Karangmalang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) hari ini Senin (9/8/21) Pukul 11.00-12.30 WIB dalam rangka memperkenalkan kegiatan-kegiatan yang didesain. Kegiatan ini dihadiri oleh Korprodi Nur Hidayanto PSP, S.Pd., M.Pd., Ph.D, kordinator Task Force Ari Purnawan, S.Pd.,M.Pd.,M.A, Tim Task Force, serta lebih dari 220 mahasiswa PBI FBS UNY.

Kegiatan-kegiatan awal yang dilakukan meliputi Student capacity up-scaling yang bertujuan untuk mengakselerasi kesiapan lulusan dalam melanjutkan studi dan memasuki dunia kerja. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sub-kegiatan yaitu Uji Kompetensi Profesi Non-pendidikan dan Pengembangan Pusat Kegiatan Paket Konsentrasi. Selain kegiatan ini, kegiatan awal lainnya yaitu Penguatan Pengalaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FBS UNY di Luar Kampus, yang terdiri dari sub-kegiatan seperti Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  (PPM) oleh mahasiswa,  Start-up business mahasiswa dan Penguatan daya saing mahasiswa melalui kompetisi tingkat nasional dan internasional. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FBS UNY berhasil menjadi salah satu pemenang Bantuan Pemerintah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Tahun Anggaran 2021. Prodi PBI berhasil mendapatkan bantuan anggaran sebesar 1,425 M rupiah untuk melaksanakan program-program pengembangan prodi. Prodi PBI memenangkan kompetisi ini bersama dengan dua prodi lainnya yaitu Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK UNY dan Kimia FMIPA UNY.

Kebijakan Kampus Merdeka yang telah diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu kebijakan yang akan menjadi modal dasar kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. Kebijakan Kampus Merdeka bertujuan untuk mewujudkan manusia yang berdaya saing; yaitu manusia yang sehat, cerdas, adaptif, kreatif, inovatif, terampil, bermartabat, produktif, dan berkarakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Salah satu instrumen penting untuk mengimplementasikannya adalah dengan menerapkan delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 754/P/2020. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi merealisasikan target pencapaian dan implementasi kebijakan Kampus Merdeka tersebut melalui Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) dengan tiga skema. Program ini menjadi salah satu cara agar perguruan tinggi dapat terus cepat melaju dengan dinamis mengikuti pola kemajuan zaman, sehingga tercapai kualitas pembelajaran dan lulusan yang baik yang dapat menjadi tolok ukur kemajuan bangsa.