SEMINAR SATU HARI MENGENAI PEMEROLEHAN BAHASA KEDUA BERSAMA DR. MAHENDRAN MANIAM DARI UNIVERSITI PENDIDIKAN SULTAN IDRIS, MALAYSIA

FBS - Karangmalang Isu terkait pembelajaran dan pendidikan Bahasa Inggris selalu menjadi salah satu topik utama yang dibahas di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Dari waktu ke waktu prodi terus memperbaharui kurikulumnya untuk mengikuti tren dan inovasi pengajaran saat ini. Selain pemutakhiran kurikulum, PBI terus membangun kerjasama yang saling menguntungkan dengan prodi terkait dari universitas terkemuka di luar negeri dalam skema penelitian gabungan, program akademik dan budaya, pertukaran mahasiswa dan lain-lain.

Terkait dengan informasi tersebut, pada hari Rabu, 23 Mei 2018, Program Pendidikan Bahasa Inggris kedatangan Dr. Mahendran Maniam dari Unversiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia untuk memberikan seminar sehari tentang Pemerolehan Bahasa Kedua. Dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni, Prof. Dr. Endang Nurhayati, M.Hum., seminar ini dihadiri oleh para dosen serta mahasiswa di bawah koordinasi Ketua Program Studi Bahasa Inggris, Bapak. Soekarno, M.Hum. Sesi seminar dipimpin oleh Ibu Anita Triastuti Ph.D sebagai moderator dan Ibu Devi Hermasari, M.A. sebagai MC.

Universitas Negeri Yogyakarta dan Universiti Pendidikan Sultan Idris saat ini sedang mengadakan penelitian bersama tentang proses penguasaan Bahasa Inggris. Dalam paparannya Dr. Maniam menyoroti bahwa mahasiswa di kedua universitas tersebut ternyata memiliki latar belakang yang sama yaitu multibahasa. Namun, status bahasa Inggris di Malaysia dan Indonesia berbeda. Di Malaysia, bahasa Inggris dianggap sebagai bahasa kedua sedangkan yang di Indonesia dianggap sebagai bahasa asing dan fakta ini membawa beberapa konsekuensi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris termasuk dalam proses pemerolehannya.

Dalam seminar tersebut Dr. Maniam memaparkan masalah tersebut dan kemudian menjelaskan desain penelitian yang dilakukan oleh kedua universitas tersebut. Di akhir acara, para mahasiswa diberi waktu untuk menjawab pertanyaan dan akhirnya diminta untuk mengisi instrumen penelitian yang telah disediakan [Sma_PBI].