Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional di Universitas Negeri Semarang

FBS - Karangmalang Salah satu mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2014 berhasil menjuarai Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Tingkat Nasional 2016 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang (13-15/8). Dalam event tahunan yang mengangkat tema “Optimalisasi IPTEK dan Pemberdayaan Potensi Lokal Berdaya Saing Global Menuju Indonesia Mandiri” ini, delegasi Universitas Negeri Yogyakarta berhasil memperoleh juara ke-3 dari 10 besar tim delegasi.

Tim ini terdiri dari 3 orang mahasiswa dan 1 dosen pembimbing. Mereka adalah, Okta Lesagia (dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 2014), Sayidatul Maslahah (dari Prodi Pendidikan Luar Biasa 2014), dan Muhammad Lutfil Hakim (dari Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika 2014) dengan dosen pembimbing Aini Mahabbati, S.Pd. M.A. yang merupakan dosen Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Dalam kesempatan kali ini, delegasi UNY ini mempersembahkan karyanya yaitu Buku Pop Up Inklusif yang mampu digunakan sebagai media pembelajaran pengenalan wayang kulit bagi anak sekolah dasar. Dalam hal ini, tim mengaku kejuaraan ini adalah sebuah kebanggaan tersendiri, karena lawan-lawan yang hadir dalam kompetisi ini sangatlah berat yakni Universitas Sebelas Maret Surakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Bangka Belitung, Universitas Riau, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sampai saat ini media pembelajaran yang berbasis inklusif masih sangat minim. Hal ini juga sudah berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap guru di Sekolah Dasar berbasis inklusi sampai saat belum pernah ada. Media Pop Up ini diharapkan dapat menjadi usaha sistematis untuk memperbaiki karakter anak yang berada di jenjang sekolah dasar sekaligus kaderisasi menjadi agen pelestari budaya tradisional yang memiliki nilai luhur tinggi. Oleh karena itu, delegasi dari UNY memberikan media pembelajaran yang berbasis Inklusif.

Berkat kerja keras, kerja sama tim, dan dukungan dari pihak-pihak terkait, delegasi UNY mampu menyabet juara ke-3 dalam perlombaan kali ini. Sementara Juara 1 Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya,Juara 2 Universitas Sebelas Maret. Adapun juara harapan satu dan dua berturut turut adalah Universitas Diponegoro dan Universitas Negeri Semarang.