Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris kembali Raih Juara dan Menjadi Best Speaker dalam Lomba Debat Nasional

Berita

berita baru

FBS - Karangmalang Tim debat bahasa Indonesia UNY kembali menorehkan prestasi dengan menyabet gelar pembicara terbaik sekaligus juara kedua dalam lomba debat nasional. Citra Dewi Harmia, mahasiswi jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun 2016 dinobatkan sebagai ini best speaker dalam lomba UNY national Debate and Essay competition (UNYDEC) yang diselenggarakn oleh BEM KM UNY di Universitas Negeri Yogyakarta, 3 – 4 Mei 2019. Perlombaan ini di ikuti oleh 24 tim dari 8 provinsi di Indonesia. Kompetisi ini menggunakan sistem debat parlemen Asia atau Asian parliamentary debate dimana terdapat dua tim, yaitu tim Pemerintah yang bertugas mendukung mosi atau topik perdebatan dan tim Oposisi yang menolak mosi. Mosi atau topik perdebatan yang diberikan sangat beragam dan mengangkat problematika yang sedang hangat di masyarakat. Beberapa topik yang diangkat antara lain; isu pendidikan, perempuan, lingkungan, dan teknologi. Peserta hanya diberi waktu persiapan 30 menit untuk mempersiapkan kasus dana argumentasi sesuai dengan posisi mereka. Debat sendiri merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis, logis, dan solutif yang didukung dengan kemampuan public speaking yang baik. 

Tim UNY yang terdiri dari Citra Dewi Harmia (Pend. Bahasa Inggris 2016), Karina Wahyu (Pend. Kimia 2018) dan Apni Sabila (Manajemen 2017) berhasil melewati tiga babak penyisihan dengan poin kemenangan sempurna ( 9 poin) sekaligus memuncaki tabulasi perlombaan dengan total tim skor tertinggi dari 24 tim. Babak quarterfinal dan semifinal juga berhasil dengan mulus dimenangkan oleh tim UNY, hingga akhirnya berlawanan dengan tim UGM di babak grandfinal. UNY meraih juara kedua dan salah satu pembicara dari tim UNY, yaitu Citra Dewi Harmia meraih skor individu tertinggi dari total 72 orang pembicara dan dinobatkan sebagai pembicara terbaik. 

Seminggu sebelumnya, yaitu tanggal 23-24 April 2019 tim debat bahasa Indonesia UNY ini juga berhasil mengukir prestasi dengan meraih juara kedua dan pembicara terbaik kedua (Citra Dewi Harmia, PBI 2016) dalam Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta. Lomba ini adalah tahap awal dari Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Ristekdkti, setiap LLDIKTI Wilayah harus menyeleksi universitas di wilayah masing-masing untuk diambil 2 tim terbaik yang akan mewakili Yogyakarta di tingkat nasional, 2 tim terbaik yang terpilih adalah UGM dan UNY. 

Citra Dewi Harmia yang saat ini masih duduk di semester 6 program studi pendidikan Bahasa Ingrris mengaku sangat bersyukur atas pencapaian ini dan optimis akan mendapat hasil yang lebih baik di KDMI nasional yang akan dilaksanakan bulan Juli mendatang di Universitas Airlangga, Surabaya. Selain UNYDEC dan KDMI, sederet prestasi dalam bidang debat bahasa inggris juga telah diraih oleh Citra yang merupakan anggota aktif dalam English Debating Society (EDS) UNY, yaitu sub-divisi UKM Bahasa Asing Safel UNY, beberapa prestasi tersebut antara lain:

-    Delegasi UNY dalam World University Debating Championship (WUDC) Mexico City, Mexico 2018.
-    3rd Runner-Up National University Debating Championship (NUDC) Kopertis V Yogyakarta 2018
-    3rd Best Speaker National University Debating Championship (NUDC) Kopertis V Yogyakarta 2018
-    1st breaking  judge Alsa Crushbone Debating Championship (ACDC) UGM 2018
-    1st Best Speaker National English Education Debate (NEED), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 2019
-    Top 6th Best  Speaker SEA Debating Competition (SEADC), UMY 2019
-    Juara 1 dan pembicara terbaik Kompetisi Debat Mahasiswa UNY (KDMUNY) diselenggarakan oleh kemahasiswaan UNY, 2019