KULIAH UMUM “BEBERAPA ASPEK DARI SEJARAH BAHASA INGGRIS” OLEH PROF. YOSHITAKA KOZUKA, PH.D.

FBS - Karangmalang Pada hari Kamis (15 Maret 2018) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan kuliah umum yang dikhususkan untuk mahasiswa tahun kedua. Kuliah umum ini mengangkat tema “Some Aspects of the History of the English Language” yang dibawakan oleh Prof. Yoshitaka Kozuka, Ph.D. dari Aichi University of Education.

Bertempat di Ruang Seminar PLA lantai 3, kuliah umum ini dimulai pada pukul 08.30 dan dibuka oleh Dr. Maman Suryaman, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Beliau memberikan sambutan pembukaan yang menyampaikan harapannya terhadap keberlangsungan kerjasama antara Aichi University of Education dan Universitas Negeri Yogyakarta. Menurut penjelasan beliau, saat ini kedua lembaga tersebut aktif menjalin kerjasama baik di bidang akademik maupun budaya.

Dalam kuliahnya, Prof. Kozuka secara gamblang menggambarkan sejarah Bahasa Inggris dari masa ke masa. Ia memaparkan bahwa sejarah Bahasa Inggris dapat dibagi menjadi empat bagian: Old, Renaissance, Modern, dan Present English. Lebih lanjut, beliau juga menjelaskan perbedaan dan persamaan antara Old English dan Present English secara rinci. Topik ini menarik minat para mahasiswa karena selama ini mereka belum mendapatkan kelas khusus tentang sejarah Bahasa Inggris. Mereka mendengarkan dan menyimak kuliah dari Prof. Kozuka dengan seksama.

Setelah sesi pemaparan, para mahasiswa diberi kesempatan untuk bertanya. Ada banyak mahasiswa yang mengacungkan tangan meminta kesempatan untuk memberikan pertanyaan, namun karena alokasi waktu yang terbatas hanya beberapa yang diperbolehkan menyampaikan pertanyaan mereka. Akhirnya acara selesai pada pukul 11.00 dan dilanjutkan dengan foto bersama dengan narasumber (Faisal & Mahripah, PBI UNY).