Fun English Club 2024: Membangun Kedekatan dan Menumbuhkan Rasa Cinta Alam Lewat Field Trip dan Cooking Class

Berita

berita baru

Setelah melalui serangkaian kegiatan outdoor activity Fun English Club 2024. Akhirnya, kegiatan outdoor activity yang terakhir yaitu field trip dan cooking class telah dilaksanakan. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 18 Mei 2024 di Desa Wisata Pendidikan dan Ketahanan Pangan Dukuh, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial antara siswa dengan teman dan guru, memberikan pengetahuan tentang arah dan nama-nama tempat, meningkatkan rasa ingin tahu, menumbuhkan rasa cinta sesama mahkhluk hidup, dan memberikan pengalaman yang berkesan.

Kegiatan dimulai dari para siswa dan guru berkumpul di Pendopo Tedjakusuma FBSB UNY pukul 07.00 s.d. 08.00 kemudian para siswa berangkat ke desa tujuan menggunakan bus pariwisata dengan didampingi beberapa guru kelas. Sedangkan guru yang lain mengikuti menggunakan motor beriringan dibelakang bus. Sesampainya di desa tujuan para siswa dan guru berkumpul di pendopo desa kemudian diberikan arahan oleh pemandu mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan hari itu.

Para siswa dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama beranggotakan siswa kelas timmy dan shaun. Kelompok kedua beranggotakan kelas shirley dan jewel. Kelompok tersebut bergantian kegiatan, dimulai dari kelompok satu berseta para guru dan pemandu mengunjungi kendang sapi perah untuk memberi makan, memeras susu sapi, dan mencicipi hasil dari susu sapi murni perah tersebut. Sedangkan kelompok dua melakukan cooking class membuat yoghurt dari susu sapi murni yang difermentasi menggunakan bakteri baik tertentu yang sudah disediakan di pendopo desa dengan didampingi para guru dan pemandu. Mereka juga diperbolehkan untuk praktik membuat dan mencicipi hasilnya. Setelah kelompok satu kembali ke pendopo untuk melanjutkan cooking class membuat yoghurt, kelompok dua pergi mengunjungi kendang sapi perah. 

Setelah kelompok dua kembali ke pendopo, para siswa dan guru beristirahat sejenak sambil memakan snack bersama-sama. Hari menjelang siang dan matahari mulai memancarkan sinarnya. Namun panasnya siang itu tidak mematahkan semangat mereka untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya. Kegiatan selanjutnya yaitu menanam padi di sawah. Para siswa bersama-sama menuju sawah yang telah disediakan kemudian diberikan penjelasan oleh pemandu tentang bagaimana menanam padi di sawah. Mereka diberi bibit padi kemudian praktik menanam.

Setelah itu mereka bergegas menuju kolam ikan. Jalan menuju kolam ikan melewati pembatas sawah, nampaknya para siswa merasa senang karena berjalan ditengah tengah sawah dan bisa melihat tumbuhan hijau yang ada disekitarnya. Disana mereka diberikan tugas untuk memberi makan ikan yang ada di kolam. Pakan ikan sudah disediakan oleh pemandu dan tentunya tetap didampingi dengan para guru.

Didepan kolam ikan terlihat segarnya sungai dengan gemrucuk air jernih yang mengalir. Setelah mereka terkena lumpur sawah dan memberi makan ikan, mereka membersihkan lumpur-lumpur itu di sungai sambil bermain air bersama teman temanya. Terlihat dari raut wajah mereka, betapa bahagianya bertemu dengan air jernih yang segar disiang hari.

Hari menjelang siang dan waktu pulang pun telah tiba. Para siswa kembali ke pendopo untuk mandi membersihkan diri dan berganti pakaian. Sembari menunggu giliran mandi bergantian, mereka menyantap makan siang yang telah disediakan. Sampailah dipenghujung acara, para siswa bergegas menaiki bus pariwisata dan melaksanakan perjalanan pulang menuju Pendopo Tedjakusuma FBSB UNY. Sesampainya disana, mereka disambut dengan para orang tua yang telah menunggu bus tiba untuk menjemput putra putrinya.