Eksplorasi Pengalaman Pembelajaran Profesional bagi Calon Guru di Indonesia

Berita

berita baru

Ella Wulandari, S.Pd., M.A., Ph.D., yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Departemen Pendidikan Bahasa Inggris UNY, berhasil mendapat gelar doktor (Ph.D) di Deakin University, Australia. Pencapaian Ella berkuliah di luar negeri (2019-2024) merupakan prestasi gemilang karena ia mendapatkan sponsor beasiswa LPDP. Disertasinya berjudul An Exploration of Indonesian Preservice Teachers’ Professional Learning Experiences.

“Saya berkesempatan menggali proses penyiapan dan pengalaman belajar calon guru, sekaligus menelusuri bagaimana peran materi dan kegiatan perkuliahan diintegrasikan dengan praktik mengajar di sekolah, sehingga dapat terwujud sinergi dan alignment antara kurikulum di LPTK dan di sekolah.” ungkap Ella. 

Ella mengaku bahwa dengan pengalaman dan perjuangannya berkuliah di luar negeri telah membukakan peluang untuk dapat berinteraksi dengan komunitas akademisi internasional di Australia. Kini, ia kembali berkiprah di UNY dan berkomitmen untuk aktif melakukan publikasi dan menulis buku dari disertasinya.