Bahasa Indonesia
English
You are here
Designing Differentiated and Project Genre-Based Instruction Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP-SMA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta
Submitted by admin on Sun, 2025-08-10 10:52
Pada hari Sabtu, 9 Agustus 2025, empat dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) S1 FBSB UNY, yaitu Prof. Anita Triastuti, S.Pd., M.A., Ph.D., Dyah Setyowati Ciptaningrum, S.Pd., M.Ed., Ed.D., Dr. Cinthia Reswari, S.Pd., M.Pd., dan Haryo Aji Pambudi, M.Hum., bersama tiga mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Inggris, yakni Faqihudin Abdurrahman, S.Pd., Adivta Yudha Tama, S.Pd., dan Nur Eko Windianto, S.Pd., melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat "Designing Differentiated and Project Genre-Based Instruction Mata Pelajaran Bahasa Inggris Tingkat SMP-SMA/SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta" di Ruang Seminar Lantai 2 Gedung W.S. Rendra FBSB UNY. Kegiatan ini berlangsung pukul 08.00–12.00 WIB dan dihadiri oleh 53 guru Bahasa Inggris tingkat SMP, SMA/MA, dan SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Para peserta berasal dari Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, dan Kabupaten Kulon Progo, baik dari sekolah negeri maupun swasta.
Acara diawali dengan registrasi peserta pada pukul 08.00 WIB, kemudian dibuka oleh MC pada pukul 08.50 WIB. Kegiatan dilanjutkan dengan dua sesi materi utama oleh narasumber. Sesi pertama, Designing Project Genre-Based Instruction, disampaikan oleh Dyah Setyowati Ciptaningrum, S.Pd., M.Ed., Ed.D., dan Haryo Aji Pambudi, M.Hum., pada pukul 09.00–10.00 WIB. Sesi kedua, Designing Differentiated Genre-Based Instruction, disampaikan oleh Prof. Anita Triastuti, S.Pd., M.A., Ph.D., dan Dr. Cinthia Reswari, S.Pd., M.Pd., pada pukul 10.00–11.00 WIB. Setelah penyampaian materi, peserta mengikuti sesi tanya jawab selama 30 menit. Sesi ini menjadi wadah bagi para guru untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan memperdalam wawasan terkait project genre-based instruction serta differentiated genre-based instruction yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelas.
Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang berbagi pengetahuan dan praktik terbaik, tetapi juga mempererat jejaring profesional antara pendidik SMP, SMA/MA, dan SMK dengan perguruan tinggi. Jejaring tersebut diharapkan terus berkolaborasi dan bersinergi untuk memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah-sekolah se-DIY. Melalui pemahaman yang lebih mendalam mengenai project genre-based instruction dan differentiated genre-based instruction, para peserta diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan kontekstual sesuai kebutuhan siswa di kelas, sehingga dapat memfasilitasi terciptanya pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Kontak Kami
Copyright © 2025,