Fun English Club Adakan Games Day untuk Tingkatkan Keterampilan Bahasa Anak-Anak

Berita

berita baru

Pada Jumat, 3 Mei 2024, Fun English Club, sebuah program dari Pendidkan Bahasa Inggris di bawah mata kuliah Practicum of English for Children, mengadakan kegiatan yang dinamai ‘Games Day’ di Gedung Amri Yahya, Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 14:30 hingga 16:40 dan bertujuan untuk mengembangkan aktivitas fisik anak-anak serta belajar berbahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, melatih otak dan mental, menambah pengetahuan baru, melatih pengendalian emosi, serta sarana belajar untuk anak-anak, serta melatih kerja sama antar anak-anak.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga kelompok yang sesuai dengan kelasnya. Kelompok 1 untuk kelas taman kanak-kanak, kelompok 2 untuk SD kelas 1,2, dan 3, dan kelompok 3 untuk SD kelas 4, 5, dan 6. Setiap kelompok memiliki dua main teachers dan didampingi enam teachers. Berdasarkan judulnya ‘Games Day’, kegiatan ini terdiri dari beberapa permainan. Pertama, ada ‘Chinese Whispers’, di mana siswa akan berbaris atau duduk berdampingan dan pesan tertentu disampaikan oleh guru secara diam-diam dari satu orang ke orang berikutnya. Pesan ini harus tetap utuh dan tidak berubah sampai selesai berputar dan kembali ke guru. Kelompok yang pesannya utuh/tidak berubah/benar akan menjadi pemenangnya. Level dari game ini akan disesuaikan berdasarkan kelompok. Permainan ini dimainkan oleh semua kelompok, dengan level easy/mudah untuk kelompok 1, level medium/menengah untuk kelompok 2, dan level hard/sulit untuk kelompok 3 serta ditambah tongue twister.

Kedua, ada ‘Hopscotch’, yang hanya dilakukan oleh kelompok 1. Sebelum permainan dimulai, guru akan membuat diagram persegi panjang menggunakan kapur. Kemudian, salah satu siswa secara bergantian akan melempar sebuah benda ke dalam persegi-persegi yang berurutan, melompati persegi yang ditandai secara berurutan sambil menghindari persegi tempat benda itu berada. Tujuan dari game ini adalah menyelesaikan jalur tanpa melakukan kesalahan atau kehilangan keseimbangan dalam melompat.Selanjutnya, ada ‘Ular Tangga Raksasa’, di mana siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok dan bermain ular tangga menggunakan karpet yang disediakan oleh panitia, termasuk dadu yang akan digunakan dalam permainan. Tidak ada pion dalam ular tangga ini. Sebaliknya, siswa akan menjadi pion itu sendiri. Siswa yang pertama kali berhasil sampai finish akan menjadi pemenang dalam permainan ini. Permainan ini dimainkan oleh semua kelompok.

Permainan lainnya adalah ‘Hen and Eagle’, yang hanya dilakukan oleh kelompok 2. Siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 10 siswa. Salah satu dari 10 siswa tersebut akan menjadi Eagle, sedangkan 9 siswa lain akan menjadi the Hen (1 siswa) dan the Chicks (8 siswa). The Hen dan the Chicks akan berbaris dengan saling berpegangan pundak. Kemudian, siswa yang menjadi the Eagle harus berhasil menangkap siswa yang menjadi Chicks.

Terakhir, ada ‘Create A Sentente’, di mana anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok dan mereka akan mengambil selembar kertas dalam 1 box. Vocabulary yang ada di dalam kertas tersebut harus diubah menjadi kalimat lengkap. Permainan ini hanya dilakukan oleh kelompok 3.Dengan demikian, ‘Games Day’ Fun English Club telah berjalan dengan sukses, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar bahasa Inggris secara interaktif dan mengembangkan keterampilan sosial serta keterampilan fisik.