Visi Misi Prodi Pendidikan Bahasa Inggris

 


VISI

Pada tahun 2025  menjadi Prodi PBI yang unggul di tingkat Asia dalam menghasilkan tenaga pendidik yang bertaqwa, mandiri, cendekia, kreatif, dan inovatif.


MISI

  1. Mengembangkan dan memantapkan prodi menjadi lembaga lembaga pendidikan dan pelatihan guru Bahasa Inggris yang berbasis prinsip-prinsip ilmiah terkini berdasar ketaqwaan, yang menghargai kemanusiaan dan profesionalisme serta unggul, kreatif, dan inovatif. 
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang mampu menghasilkan manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang berkepribadian mandiri, yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara melalui ilmu yang ditekuninya, peka terhadap kemajuan bangsanya dan selalu siap untuk mengembangkan diri dan kepribadiannya untuk menjadi bagian dari masyarakat terdidik yang berwawasan global.
  3. Mengembangkan penelitian dan pengkajian tentang pembelajaran Bahasa Inggris sebagai suatu ilmu berdasarkan perkembangan terkini.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pembelajaran Bahasa Inggris.
  5. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai Lembaga baik di dalam maupun di luar negeri dalam rangka pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

PROFIL LULUSAN


Lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris diarahkan untuk menjadi sarjana yang memiliki keahlian sebagai berikut:

  1. Guru Bahasa Inggris Profesional
  2. Pengembang Bahan Ajar Bahasa Inggris
  3. Pengembang Perangkat Penilaian Penguasaan Bahasa Inggris
  4. Pengembang Program Pembelajaran Bahasa Inggris
  5. Penerjemah Bahasa (Inggris-Indonesia dan sebaliknya)
  6. Peneliti di Bidang Bahasa (Inggris) dan Pengajarannya
  7. Penyedia Layanan Bahasa Inggris untuk Keperluan Khusus

TUJUAN PENDIDIKAN PRODI


Berdasarkan visi dan misi yang telah disusun, Tujuan Pendidikan Prodi PBI dirumuskan sebagai berikut:

  1. Menunjukkan karakter moral dan nilai-nilai Pancasila (religiusitas, kemanusiaan, nasionalisme, demokrasi, dan kesetaraan).
  2. Menunjukkan kompetensi dalam pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris.
  3. Menunjukkan kompetensi dalam penelitian bahasa Inggris dan pembelajarannya.
  4. Menunjukkan kompetensi dalam pengembangan bahan ajar, program pembelajaran, dan alat penilaian penguasaan bahasa Inggris.
  5. Menunjukkan kompetensi dalam penyediaan layanan bahasa Inggris untuk tujuan khusus, termasuk terjemahan teks tertulis dan lisan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia dan sebaliknya.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PRODI


Sikap

Aspek sikap mengacu pada sikap yang layak dan berbudaya dalam bentuk nilai dan norma yang ditunjukkan dalam kehidupan spiritual, pribadi, dan sosial mahasiswa. Aspek-aspek tersebut dicapai melalui pembelajaran, pengalaman kerja, penelitian, dan/atau pengabdian masyarakat di lapangan. Di bawah aspek ini ada dua capaian pembelajaran:

  1. Mendemonstrasikan praktik keagamaan, kebangsaan, kemanusiaan, toleransi, moralitas, dan perilaku.
  2. Menerapkan prinsip-prinsip etika kerja yang meliputi tanggung jawab, kemandirian, kedisiplinan, kewirausahaan, dan kerjasama tim.

Pengetahuan

Aspek pengetahuan, umumnya dikenal sebagai aspek kognitif, mengacu pada penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau filosofi dasar di dalam bidang tertentu. Pengetahuan diperoleh secara sistematis melalui kegiatan penalaran dalam pembelajaran, pengalaman kerja, penelitian, dan/atau pengabdian masyarakat di lapangan. Di bawah aspek ini ada empat capaian pembelajaran:

  1. Menerapkan teori pembelajaran bahasa Inggris yang meliputi perancangan, pelaksanaan, penilaian, pengembangan bahan ajar, dan program pembelajaran Bahasa Inggris.
  2. Menerapkan teori penerjemahan teks lisan dan tulis Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.
  3. Menerapkan teori dan metodologi penelitian bidang Bahasa Inggris dan pembe­la­jar­an Bahasa Inggris.
  4. Menerapkan teori penyediaan layanan Bahasa Inggris untuk keperluan khusus.

Keterampilan Umum

Setiap lulusan harus memiliki keterampilan umum yang sesuai dengan jenjang program dan jenis pendidikan tingginya sehingga semua lulusan memiliki kemampuan yang setara. Keterampilan umum yang harus dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNY antara lain:

  1. Mampu menerapkan pemikiran pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks ilmu pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi informasi.
  2. Menerapkan kompetensi komunikatif yang efektif dan efisien dalam konteks sosial, interpersonal, profesional serta akademis.
  3. Mampu mengembangkan dan mengembangkan jejaring kerjasama baik di tingkat nasional, regional maupun internasional.
  4. Menunjukkan kebiasaan belajar mandiri dan seumur hidup untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan.

Keterampilan Khusus

Setiap lulusan harus memiliki keahlian khusus yang relevan dengan disiplin ilmu akademik program studi. Keterampilan khusus yang harus dimiliki mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNY antara lain:

  1. Mampu mengajar, melaksanakan, dan belajar bahasa Inggris.
  2. Mampu menganalisis dan menyelesaikan masalah dalam Bahasa Inggris dan pembelajarannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah.
  3. Mampu merancang, mengembangkan, dan mengembangkan bahan ajar dan program pembelajaran Bahasa Inggris.
  4. Mampu merancang, mengembangkan, menganalisis, menganalisis dan melaporkan hasil analisis.
  5. Mampu menerjemahkan beragam teks tulis dan lisan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya.