HIMA PBI Universitas Galuh Ciamis Safari Akademik ke FBS UNY

FBS-Karangmalang. Himpunan mahasiswa (Hima) bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), English Department Student Association (EDSA) mendapat kunjungan dari himpunan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Galuh Ciamis (Unigal) pada Jumat lalu (8/5). Bertempat di gedung Laboratorium Karawitan, rombongan dalam rangka safari akademik ini disambut dengan antusias oleh rekan-rekan pengurus EDSA.

Universitas yang merupakan satu-satunya di tatar Galuh Ciamis, Jawa Barat tersebut mengirimkan 60 delegasinya yang didampingi oleh Dadang, M.Pd. selaku dosen prodi PBI Unigal. Baihaqi Adi Utama selaku ketua EDSA menyambut langsung kedatangan rombongan civitas. Dalam kesempatan itu, Baihaqi menyampaikan salam dan menyatakan permohonan maaf atas ketidakhadiran Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris FBS UNY dalam kegiatan tersebut. Sambutan kedua belah pihak pun mengawali kegiatan pagi itu. Dalam sambutannya, Dadang berharap supaya kesempatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan harapan dapat membuka wawasan kedua hima untuk pengembangan program-program selanjutnya. Selain itu, agar tercipta kerja sama yang lebih erat antara organisasi mahasiswa dari kedua kampus yaitu UNY dan Unigal.

Acara inti yakni tukar pendapat ihwal kegiatan kemahasiswaan dan program kerja. Dalam kesempatan ini, masing-masing divisi yang terdapat pada dua organisasi melakukan presentasi yang dilanjutkan sesi tanya jawab. Diskusi berlangsung efektif, serius namun santai ala mahasiswa. Program kerja dan divisi yang ada di hima PBI Unigal kurang lebih sama dengan yang ada di EDSA. Hanya saja, Unigal belum memiliki divisi yang berfokus di bidang media informasi. Oleh karenanya, hal tersebut menjadi sebuah catatan penting untuk evaluasi ke depannya. Dalam diskusi tersebut, antusiasme peserta cukup tinggi, ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pada setiap sesi. Sebagian besar pertanyaan membahas seputar program di ranah akademik seperti EDSA Mengajar, pengadaan tes IELTS, serta penyambutan mahasiswa baru.

Dadang beserta rombongan civitas PBI Unigal menyambangi kota gudeg dalam safari akademik bertajuk English Journey. Menurutnya, safari ini bukan sekedar “piknik” semata, melainkan wisata keilmuan untuk menambah cakrawala berfikir antar himpunan mahasiswa.

Ucapan terima kasih pun disampaikan oleh delegasi Unigal, sekaligus mohon pamit kepada pengurus EDSA karena akan melaksanakan trip selanjutnya. Acara ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan dan foto bersama. (Muvida Aulia/HumasFBS)