TIM PPM PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS ADAKAN WORKSHOP ON HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) INTREGATION UNTUK GURU SMP SE-KABUPATEN SLEMAN

FBS-Karangmalang ─ Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris mengadakan workshop yang bertemakan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Integration in Text and Task Adaptation yang dilaksanakan dua hari yaitu 21-22 Agustus 2017 di Ruang Seminar GK 1 FBS UNY. Workshop tersebut membahas mengenai integrasi dari Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi tersebut dalam pengembangan bahan ajar.  
Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang gencar ditekankan melalui kurikulum 2013, merupakan salah satu kompetensi penting yang dibutuhkan dalam era modern, sehingga wajib dimiliki oleh setiap peserta didik. Kemampuan berpikir tingkat tinggi diantaranya mencakup kemampuan untuk memecahkan masalah, berpikir kritis dan kreatif, berargumen, dan mengambil keputusan. Dari cakupan tersebut, perlu digarisbawahi bahwa untuk meningkatkan kualitas peserta didik ke arah HOTS, para guru perlu untuk memahami dan menerapkan HOTS tersebut terlebih dahulu.
    Workshop dibuka oleh Ketua Pelaksana PPM, Ella Wulandari, M.A, dilanjutkan dengan beberapa sesi pemateri diantaranya yaitu materi mengenai pembelajaran dan bahan ajar Bahasa Inggris berdasarkan kurikulum 2013, materials development dan evaluasi bahan ajar Bahasa Inggris berbasis HOTS dalam kerangka kurikulum 2013, serta merancang pertanyaan dan kegiatan belajar berbasis HOTS dan contoh-contoh HOTS-based tasks. Materi disajikan oleh dosen – dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki expertise dalam bidang materials development, yaitu Joko Priyana, PhD, Suharso, M.Pd, Ashadi, PhD, Ella Wulandari, M.A, dan Sari Hidayati, M.A. 
Pada hari kedua, para peserta akan merealisasikan hasil pemaparan materi dari para narasumber dalam bentuk kerja kelompok dengan mengadaptasi texts dan tasks untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis HOTS dalam kerangka kurikulum 2013. Hasil akhir atau luaran dari workshop ini yaitu berupa bahan ajar berbasis HOTS yang telah dikembangkan menjadi materi yang siap untuk dipakai oleh peserta yang merupakan guru-guru SMP.