Serangkaian Kegiatan Menarik PKKMB 2017 Jurusan PBI FBS UNY

FBS-Karangmalang Bertemakan “Developing A Humanistic and Innovative Youth To Face The Global Era”, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) berhasil memberikan kesan menarik bagi para mahasiswa baru.  PKKMB 2017 Jurusan PBI mampu mengesampingkan pikiran-pikiran mahasiswa baru mengenai orientasi studi dan pengenalan kampus yang berkaitan dengan penyiksaan mental maupun fisik, serta ketidakwajaran tugas yang diberikan. PKKMBsendiri dirancang khusus untuk membantu mahasiswa baru khususnya Jurusan PBI 2017 belajar lebih banyak tentang Jurusan. Di dalamnya memberikan informasi yang sangat penting mengenai persyaratan untuk program akademik, pendaftaran untuk kelas, kehidupan siswa, dan layanan kampus lainnya.

PKKMB 2017 Jurusan PBI yang diselenggarakan pada 24 Agustus 2017 di Halaman Depan Gedung LMT FBS UNY menghadirkan serangkaian kegiatan menarik dalam  memperkenalkan jurusan kepada para mahasiswa baru. Kegiatan pertama adalah Dialog Jurusan bersama dengan dua dosen dari  masing-masing prodi (program studi) PBI oleh bapak Sukarno, S.Pd., M.Hum. (ketua jurusan PBI) dan Sastra Inggris oleh ibu Susanna Widyastuti, S.S., M.A. (ketua prodi Sastra Inggris), serta Aryanti Eka Lestari (mahasiswa BI 2015) sebagai moderator. “Dalam membangun generasi muda yang humanis dan inovatif untuk menghadapi era global, maka harus adanya peran aktif mahasiswa dalam berbagai hal baik itu akademik, sosial, maupun religius. Menjadi mahasiswa haruslah yang kreatif, inovatif, dan profesional, serta kritis, yang mana hal-hal tersebut  memerlukan adanya persiapan, perjuangan, dan juga potensi,” ungkap bapak Sukarno, S.Pd., M.Hum. yang sangat memotivasi para mahasiswa baru. “Perlu juga adanya pengembangan diri daripada mahasiswa melalui kata ‘know’. ‘Know’ tentang   lingkungan, aktivitas, kepribadian, fasilitas, dan lain sebagainya. Selain itu, mahasiswa juga harus memiliki kebiasaan belajar yang baik sehingga harapannya dapat menjadi generasi muda yang humanis dan juga inovatif dalam mengahadapi era global,” imbuh ibu Susanna Widyastuti, S.S., M.A. 

Kegiatan kedua berupa penampilan musik yang luar biasa yaitu EDSAcoustic (English Department Student Association Acoustic).EDSAcoustic merupakan subdivisi dari HIMA (Himpunan Mahasiswa) EDSA Jurusan PBI yang beranggotan mahasiswa-mahasiswa jurusan PBI dengan minat dan bakatnya mengenai musik yang dalam hal ini adalah musik versi akustik. EDSAcoustic ini tampil dua kali selama kegiatan berlangsung dengan susunan penampil berbeda. Meskipun demikian, kedua penampil sama-sama menghibur mahasiswa-mahasiswa baru jurusan PBI 2017 dengan lagu-lagu populer dunia.

Kegiatan yang ketiga adalah EMAC (English Movie Appreciation Community) yang juga merupakan subdivisi dari HIMA (Himpunan Mahasiswa) EDSA Jurusan PBI. Kegiatan ini mempersilahkan para mahasiswa baru untuk menyaksikan hasil karya audio-visual mahasiswa jurusan PBI yang juga menghibur. Tidak hanya menghibur, video tersebut juga mengandung pesan moral  tentang bagaimana mahasiswa seharusnya bersikap dalam kehidupan perkuliahannya dan keorganisasiannya bersama dengan orang tua, dosen, teman, dan lingkungannya.

Kegiatan Keempat, perkenalan dari panitia inti dan ketua divisi yang ada di dalam HIMA EDSA. Panitia inti bersama ketua divisi memperkenalkan divisi-divisi yang terdapat di organisasi tersebut. Divisi tersebut diantaranya, AEDD (Applied English Develoment Division), HRDD (Human Resources Develoment Division), D’Elit (Division of English Library, Information and Technology), ALD (Art and Literature Division), dan Fusion (Fund Raising Division).
Kegiatan selanjutnya, perkenalan mengenai apa itu SALC (Self Access Learning Center). SALC merupakan pusat pembelajaran mandiri yang ditujukan untuk memfasilitasi kebutuhan pengembangan bahasa Inggris bagi seluruh civitas akademika Universitas Negeri Yogyakarta. Bertempat di lantai tiga gedung C.13 FBS barat, ruang ber-AC dan luas menjadikan SALC tempat yang nyaman untuk belajar. Pengunjung difasilitasi dengan beragam media pembelajaran yang menunjang keterampilan berbahasa dan pengetahuan tentang bahasa inggris serta budayanya. (SALC UNY)

Kegiatan dilanjutkan dengan penampilan Relung Theater yang juga merupakan subdivisi dari HIMA (Himpunan Mahasiswa) EDSA Jurusan PBI. Relung Theater menampilkan sebuah drama berjudul “Orang Kasar” yang tidak kalah menghibur karena theater inilah yang menjadi puncak acara dengan penampilan komedi khasnya yang membuat banyak penonton tertawa dan juga sekaligus sebagai penutup acara.
Bagaimana orientasinya? Menarik, bukan?  Selain memotivasi, menghibur, dan menambah wawasan, kegiatan PKKMB 2017 Jurusan PBI FBS UNY pun menjadi kesempatan pertama para mahasiswa baru terhubung dengan teman sekelas masa depannya dan mulai membangun komunitas, juga untuk memulai proses mengintegrasikan diri  ke dalam peluang intelektual, budaya, sosial dan pribadi jurusan, fakultas, dan universitas.