Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan sambil Mitigasi Bencana

FBS-Karangmalang Program Pengabdian Masyarakat Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, English for Holiday (EFH), mengusung tema berbeda tahun ini. Dengan motto “Know Disaster, No Disaster”, EFH memberikan inovasi konsep pendidikan bahasa sebagai sarana untuk mitigasi bencana. Pasalnya, mitigasi bencana menjadi kebutuhan masyarakat Yogyakarta yang notabene tinggal di daerah potensial bencana, seperti gempa dan letusan gunung merapi. Pun tema EFH tahun ini adalah bentuk dukungan UNY kepada program pemerintah yang mencanangkan tahun 2012 sebagai tahun mitigasi bencana. Menurut Ella Wulandari, M.A, ketua panitia, penumbuhan kesadaran untuk bersahabat dengan bencana sejak dini perlu diterapkan melalui pembelajaran yang menyenangkan. “Di program EFH, anak-anak diajarkan untuk mengantisipasi dan mengatasi permasalahan sederhana ketika terjadi bencana,” jelas Ella.

Selama dua minggu, siswa TK hingga SMA belajar bahasa sambil mitigasi bencana dalam kegiatan Class activities, Campus grand tour, Barbeque party, dan Field trip to Museum Merapi. Guru-guru EFH mengenalkan berbagai unsur kebencanaan seperti transportasi, profesi, dan usaha penanggulangan bencana kepada peserta. Kegiatan pembelajaran bahasa Inggris diterapkan dalam penggunaan bahasa yang menunjukan simpati, rasa saling tolong-menolong dan berterima kasih. Pun peserta kelas 5 hingga SMA melakukan simulasi evakuasi bencana di Museum Merapi (13/7).

Dengan peserta terbanyak selama beberapa tahun ini, EFH masih menunjukan konsep berbeda pula pada hari penutupan. Dua ratus empat puluh lima peserta dilibatkan dalam pentas drama musikal “Cinderella” di Auditorium UNY (14/7). Dalam drama ini, Peserta menunjukan keberanian dan talentanya dalam gerak dan lagu, akting, video simulasi, pembacaan puisi, reportase berita, dan master of ceremony. Kegiatan penutupan ini juga diakhiri dengan graduation ceremony sebagai penanda keberhasilan peserta dalam mengikuti pembelajaran dua minggu di EFH. (Febi)